Fokus Kami

Fokus strategis dari Prakarsa Infrastruktur Indonesia memiliki tiga komponen :

focus1
1
Air minum dan Sanitasi
focus2
2
Transportasi (darat, kereta api, dan laut)
 

Kegiatan IndII dilaksanakan melalui sistem dan prosedur Pemerintahan Indonesia yang berlaku. IndII berkomitmen untuk melakukan koordinasi dengan lembaga donor lainnya yang merencanakan, mengimplementasiukan dan mengevaluasi proyek infrastruktur penting di Indonesia, dan selalu menekankan kepada pembangunan kemitraan antara Pemerintah dan sektor swasta di Indonesia.

Dalam operasionalisasi, IndII sangat mempertimbangkan kebutuhan akan  keseimbangan antara berbagai tujuan. IndII bekerja sama dengan lembaga yang sudah kuat untuk dapat menghasilkan dampak langsung, akan tetapi juga bekerja sama dengan lembaga yang relative lemah yang akan memperoleh manfaat jangka panjang dalam hal membangun kapasitas institusional. Selain itu, IndII juga mempertimbangkan distribusi kegiatan di tingkat pemerintah pusat dan daerah.

Kegiatan IndII juga dipadukan melalui pendekatan standar dalam hal seleksi terhadap kegiatan-kegiatan potensial. Setiap kegiatan yang dapat didukung oleh IndII harus memenuhi satu atau lebih dari kriteria berikut :

  • Apakah kegiatan tersebut memungkinkan terwujudnya investasi di bidang infrastruktur  yang lebih efektif dan efisien melalui identifikasi, koordinasi, perencanaan dan implementasi proyek yang lebih baik; dan apakah semua ini akan berpotensi memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia?
  • Apakah kegiatan ini akan menghasilkan investasi di bidang infrastruktur  yang lebih efektif dan efisien melalui pengurangan ketidakpastian di bidang kebijakan, peraturan perundang-undangan dan keuangan?
  • Apakah akan ada pengaruh sosial dan ekonomi yang positif dari investasi infrastruktur yang direncanakan melalui pemberian hibah untuk mendukung proyek-proyek prioritas?

Melalui berbagai kegiatannya, IndII berharap dapat membantu Indonesia mencapai peningkatan investasi sektor swasta, pembangunan yang lebih terencana dan lebih efektif, dan meningkatkan kesempatan kepada warga negara untuk ikut menikmati hasil-hasil pembangunan. Dalam hal ini, IndII memberikan kontribusi terhadap visi yang lebih besar dari Kemitraan Indonesia Australia, dimana Australia dan Indonesia sama-sama bekerja untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan keamanan, stabilitas dan kesejahteraan regional.