Kategori Publikasi

technical-reportindonesian-infrastructure-five-years-and-beyond-inapage01
Infrastruktur di Indonesia – Lima Tahun ke Depan dan Seterusnya, Tema dan Prioritas Penting Untuk Rencana Pembangunan Tahun 2015 – 19

Pemerintah Indonesia saat ini sedang bekerja keras menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk periode 2015–2019. Ini merupakan tahun yang ketiga rencana lima tahunan yang merupakan bagian dari rencana 20-tahunan yang lebih besar yang dimulai pada tahun 2005. Usaha perencanaan 20-tahunan ini memandang Indonesia di tahun 2025 sebagai negara yang memiliki jaringan transportasi yang andal dan terintegrasi, serta infrastruktur sanitasi dan air minum yang memadai bagi seluruh warga negaranya. Banyak pekerjaan yang masih perlu dilakukan untuk mencapai visi ini, dan RPJMN mendatang ini akan bertindak sebagai kerangka kebijakan penting untuk Pemerintah Pusat berikutnya.

 Prakarsa Infrastruktur Indonesia (IndII) bekerjasama dengan mitranya di Bappenas dan berbagai lembaga untuk mewujudkan rencana strategis periode 2015-2019. Proses ini memungkinkan sebuah peluang untuk berpikir secara strategis bukan saja dengan pandangan lima-tahunan, tetapi sampai 2025 dan seterusnya. Dengan mengakui hal ini, IndII telah membuat serangkaian tulisan meliputi tema lintas sektoral, sektor transportasi, serta sektor sanitasi dan air minum – yang menggambarkan pengalaman IndII dalam mendukung Indonesia dalam mengeksplorasi strategi-strategi baru untuk memperkuat modalitas penyelenggaraan layanan, meningkatkan tata kelola pemerintahan, dan menjamin bahwa pembelanjaan di bidang pembangunan infrastruktur mencapai dampak maksimum yang paling dimungkinkan. Harapannya, gagasan dan pengamatan yang dicakup dalam makalah-makalah ini dapat mendukung pejabat pemerintah dalam menyusun perencanaan untuk memenuhi kebutuhan jaringan transportasi serta layanan sanitasi dan air minum.