11 Aplikasi Desain Rumah untuk Wujudkan Rumah Impian

3 min read

Pengen bikin desain rumah sesuai imajinasimu? Yuk cobain rekomendasi aplikasi desain rumah terbaik untuk wujudkan rumah impian.

Siapa yang tidak menginginkan rumah aesthetic yang nyaman dan bikin betah? Setiap orang pasti menginginkannya. Nah, untuk mewujudkannya, Anda bisa mendesain sendiri rumah Anda sesuai dengan tatanan yang diinginkan. 

Namun, bagaimana caranya? Tak perlu risau, kini ada beberapa alternatif untuk membuat desain rumah dengan mudah, salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi desain rumah yang memudahkan Anda.

Ya, aplikasi desain tersebut akan membantu mewujudkan rumah impian. Setiap ruangan dapat dibentuk dan ditata dengan pengukuran yang tepat hanya menggunakan ponsel. Hal ini tentu makin meminimalisir pengeluaran, karena tidak perlu membayar jasa arsitek.

Lantas, apa aplikasi desain rumah yang terbaik dan bisa digunakan untuk pemula? Rangkuman jawabannya ada di bawah ini. Check it out!

1. Floor Plan Creator

Baik dalam hal membangun rumah baru atau merenovasi rumah lama, Anda bisa mengandalkan aplikasi Floor Plan Creator. Aplikasi ini memungkinkan setiap orang bisa mendesain rumah idamannya dengan mudah, meski bukan dari bidang arsitektur.

Setiap ruangan, mulai ruang tamu, kamar, dapur, kamar mandi, hingga lorong-lorong dapat didesain dengan pengukuran yang tepat.

Fitur yang dimilikinya cukup lengkap, seperti sinkronisasi cloud, dukungan untuk unit metric dan imperial, ekspor sebagai gambar atau PDF, dan masih banyak lagi. 

Namun, Floor Plan Creator termasuk aplikasi berbayar, pengguna harus membayar Rp 100.000 untuk mendapat beberapa fitur premium.

2. HomeStyler

Aplikasi desain rumah selanjutnya yang bisa Anda unduh adalah HomeStyler. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur secara gratis. HomeStyler juga bisa disebut “virtual fitting room”, sebab Anda bisa memvisualisasikan furniture sebelum membelinya. 

Selain furniture, berbagai dekorasi ruangan dapat diatur secara online dahulu menggunakan HomeStyler.

Dengan adanya aplikasi ini, tidak akan terjadi salah ukuran saat membeli furniture, tidak pula salah dalam pemilihan warna, karena furniture sudah dipadu-padankan dengan warna cat dinding melalui HomeStyler. 

Semakin sedikit kesalahan, semakin sedikit pula pengeluaran bukan? 

3. DFS Room Planner

Selain HomeStyler, aplikasi recommended lainnya adalah DFS Room Planner. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda dapat merancang rumah secara detail. 

Ya, warna dinding atau wallpaper dinding, pola lantai, penempatan sofa, lemari, hingga jenis ranjang bisa dirancang secara virtual dengan DFS Room Planner. 

Menariknya, rancangan desain yang detail itu bisa dilakukan dari smartphone Anda, tanpa menggunakan PC, sehingga lebih fleksibel waktu pengerjaannya. 

Selain itu, cara pengoperasiannya sangat mudah, cocok bagi pemula dan orang awam di bidang arsitektur.

4. SmartDraw

Ada lagi aplikasi recommended untuk pemula yang bisa diunduh secara gratis, yakni SmartDraw. Aplikasi yang memiliki interface sederhana ini sudah digunakan oleh jutaan orang. Jika tertarik, Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat menampilkan bentuk desain 3D, sehingga pengguna bisa melihat dari berbagai sisi. 

Jadi, aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang sedang membuat hunian idaman dengan budget pas-pasan.

5. SketchUp

Berikutnya ada aplikasi desain rumah SketchUp yang bisa mereview hasil desain. Ya, Anda hanya bisa melakukan review jika mengunduhnya pada smartphone, namun jika mengunduhnya di PC, akan ada fitur create dan edit desain. 

Meski begitu, dengan SketchUp Anda bisa merancang desain interior rumah sedetail mungkin.

Tertarik menggunakannya? Yuk install aplikasi ini di laptop atau computer!

6. HomeByMe

Software selanjutnya yang bisa diunduh di PC adalah HomeByMe. Jangan khawatir, aplikasi ini tidak berbayar, baik saat pertama kali download ataupun saat menggunakan fitur-fitur menariknya. 

Salah satu kelebihan HomeByMe adalah bisa scan desain dari kertas biasa tanpa cacat.

Anda bisa menata furniture, memberi warna dinding, mengatur pola lantai secara virtual dengan bantuan aplikasi ini. 

Selain itu, ketebalan dinding pun dapat diatur sebelum membuatnya. Dengan begitu, proses pembuatan rumah idaman semakin lancar. 

7. MagicPlan

Ingin merancang desain rumah sekaligus ingin mengetahui estimasi biayanya? Gunakanlah aplikasi MagicPlan. 

MagicPlan termasuk aplikasi terbaik untuk desain rumah, namun sayang, aplikasi ini tidak hadir secara gratis. Dalam penggunaannya, Anda perlu membayar sesuai paket fitur yang ada.

Kelebihannya adalah MagicPlan bisa diunduh di smartphone, sehingga proses mendesain rumahnya lebih fleksibel. Jika tertarik menggunakan aplikasi ini, jangan lupa buat floor plan terlebih dahulu untuk hasil terbaik.

8. Planner 5D

Aplikasi desain rumah berikutnya yang bisa dicoba adalah Planner 5D. Dengan aplikasi ini Anda bisa mendesain rumah baik interior maupun eksteriornya dalam format 2D dan 3D. 

Ya, fitur 3D ini masih ditambah dengan fitur AR (Augmented Reality), sehingga desainnya lebih nyata.

Untuk proses desain yang fleksibel, unduhlah Planner 5D di smartphone, namun jika ingin desain yang lebih detail, lakukanlah dari PC atau tablet. 

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini yakni bisa digunakan dalam kondisi online maupun offline, tidak begitu tergantung oleh jaringan internet.

9. DecorMatters

Jika Anda pengguna iPhone, aplikasi DécorMatters adalah pilihan yang tepat untuk merancang desain rumah impian. Aplikasi ini memiliki interface yang menyenangkan juga mudah bagi pemula. 

Kegiatan mendesain juga makin dimudahkan dengan adanya template berbagai ruang, seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. 

DecorMatters pun bisa memvisualisasikan penataan furniture sebelum dibeli. Jadi, ukuran, bentuk, dan warna furniture dapat dipikirkan secara matang dengan aplikasi ini. 

Sayangnya, aplikasi dengan fitur lengkap ini hanya tersedia di perangkat iOS, membuat pengguna Android tidak bisa menikmati keunggulannya. 

10. Houzz

Lain halnya dengan DecorMatters yang dikhususkan untuk iOS, aplikasi Houzz justru bisa digunakan di perangkat iOS maupun Android. Aplikasi ini juga bisa mendesain rumah dengan cara menata furniture secara virtual. 

Bahkan, jenis, model, hingga merk furniture-nya dapat dipilih langsung melalui aplikasi ini.

Dengan bantuan Houzz, pastinya tidak akan terjadi kesalahan dalam membeli furniture, baik dari ukuran, warna, atau materil yang digunakan. 

Jadi, unduh dan pasang segera aplikasi terbaik ini di smartphone Anda!

11. Palette Home

Satu lagi aplikasi desain rumah yang bisa diunduh di smartphone berbasis Android maupun iOS, yakni Palette Home. 

Pengguna dapat menggambar desain rumah, menata furniture, serta memilih material yang cocok untuk rumah huniannya secara virtual dengan aplikasi ini. 

Dengan desain dan perencanaan yang matang, pastinya rumah idaman makin mudah diwujudkan.

Hal menarik lainnya dari Palette Home adalah dapat menyimpan file desain dalam format gambar maupun PDF. Jadi, aplikasi ini memang sangat recommended untuk diunduh.

Cukup banyak bukan aplikasi desain rumah yang direkomendasikan untuk Anda? Lantas, mana aplikasi yang menurut Anda menarik?

Jangan lupa sesuaikan dengan smartphone Anda, apakah aplikasi tersebut sesuai dengan smartphone berbasis Android atau iOS. Pertimbangkan pula fitur-fitur yang didapat dari aplikasi tersebut.

Dengan menggunakan ragam aplikasi di atas, Anda dapat mem-visualisasikan ide-ide Anda terhadap hunian yang diinginkan. Kemudian, diteruskan ke ketua project atau kontraktor. Kunjungi juga https://bprsmh-yogyakarta.co.id/