DALAM melakukan kegiatan promosi penjualan pasti membutuhkan  suatu media communication atau alat komunikasi sebagai penyalur pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan terhadap konsumen.

Seperti yang dijelaskan pada https://iklanwangi.com/ , tujuannya adalah agar pesan dapat lebih mudah dimengerti serta konsumen dapat mengetahui dengan pasti mengenai informasi dari produk tersebut.

Dalam dunia pemasaran, istilah “media” berarti sarana komunikasi misalnya koran, majalah, radio, televisi, billboard, pamflet, dan internet.

Pengiklan menggunakan media untuk menyampaikan pesan-pesan komersial kepada target pasar mereka, dan media tersebut tergantung pada tingkatan-tingkatan berbeda dalam pengeluaran iklan untuk menutup pengeluaran operasional tersebut (Rajagopal, 2006).

Pentingnya Iklan Online

Saat ini, kehadiran media sosial telah menjadi bagian penting sebagai alat pemasaran utama dalam dunia bisnis. Tidak ada kategori bisnis besar ataupun terbilang kecil sekalipun, sudah pasti tetap harus menggunakan strategi pemasaran melalui media sosial.

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan adanya media sosial sebagai alat pemasaran, misalnya saja calon konsumen atau pelanggan akan mendapatkan informasi dan respon yang lebih cepat di media sosial dibandingkan dengan alat komunikasi lainnya.

Hal lainnya, penggunaan media sosial juga dapat menjadi media untuk penyampaian kritik dan saran dari konsumen dalam bisnis kita. Melalui platform yang dimiliki, kita memiliki kesempatan untuk membangun kedekatan dengan target pasar dengan lebih mudah.

Selain harus mengelompokkan target audiens guna pemasaran media sosial saja, juga harus memilih platform yang sesuai dengan jenis konten atau layanan yang ingin kita tawarkan.

Misalnya media sosial untuk  Instagram dan Pinterest menjadi sangat bagus bagi jenis perusahaan visual dengan akses yang menampilkan banyak fotografi cantik dan produk bermerek.

Penggunaan Facebook dan Twitter menjadi media sosial yang terbaik untuk bisnis yang menghasilkan banyak konten editorial.  Menjadi sangat efektif apabila yang dibagikan melalui Facebook dan Twitter adalah konten-konten yang biasa dibagikan melalui tautan,

Kemudian untuk Vine, Snapchat, dan YouTube menjadi pilihan yang sangat baik untuk produk yang memiliki fasilitas akan peralatan produksi tingkat profesional (umumnya untuk video dan konten yang difilmkan).

Kita lebih baik memiliki komitmen pada satu atau dua pilihan media sosial yang sesuai dengan bisnis profil kita, setelah berjalan dengan baik dan regular aupdate maka bolehlah kita melakukan pemasaran dengan platform lainnya.

Kemudian yang paling penting lainnya adalah membuat tujuan dari media sosial yang digunakan. Adalah untuk Menciptakan kesadaran merk (Brand Awwareness).  Untuk mencapai tujuan ini sebaiknya konten yang di bagikan adalah berisikan informasi-informasi mendasar tentang produk atau jasa yang ditawarkan, sekaligus informasi profile kita dan perusahaan kita.

Tujuan selanjutnya adalah Mengajak audiens untuk membeli atau menggunakan produk Anda, maka sebaiknya konten yang dibagikan akan mencakup konten promosi seperti diskon, kelebihan produk, dan beberapa hal yang dapat mengajak audiens untuk melakukan pembelian.

Saat ini yang pasti jika platform populer berubah seiring berjalannya waktu, mengelola akun media sosial juga merupakan pengalaman belajar akan platform baru berikutnya

Selanjutnya yang harus kita pahami juga jika pemasaran online tentunya akan membutuhkan biaya yang harus diinvestasikan sejak awal. Misalnya, kita perlu berinvestasi untuk beriklan di Facebook, Instagram, atau bahkan dalam hal penggunaan SEO/SEM untuk metode yang lebih handal lagi.

Maka sudah pasti akan membutuhkan budget yang cukup besar. Akan tetapi, Jika pemasaran online yang kita lakukan dengan benar dan tepat pastinya akan mendatangkan keuntungan yang luar biasa di masa mendatang.

0

By admin